Jokowi Pilih Rabu Pahing untuk Umumkan Reshuffle Kabinet Kali Ini

Yuliawati
Oleh Yuliawati
15 Juni 2022, 11:32
reshuffle, Jokowi
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6).

Presiden Jokowi rencana akan mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet pada hari ini, Rabu (15/6). Perombakan kabinet kali ini dikabarkan terbatas dan hanya menyasar dua kursi menteri dan tiga wakil menteri.

Berdasarkan penangalan kalender Jawa, 15 Juni bertepatan pada Rebo Pahing, salah satu hari favorit Jokowi dalam mengambil keputusan.

Advertisement

Rabu merupakan hari weton Presiden Jokowi yang lahir di Solo pada Rabu, 21 Juni 1961.  Karena dianggap sebagai hari baik, Jokowi kerap mengambil keputusan penting pada hari Rabu.

Jokowi sebelumnya mengumumkan perombakan menteri empat kali selalu pada hari Rabu. Reshuffle sebelumnya yakni pada 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, 17 Januari 2018, dan 15 Agustus 2018. Tanggal tersebut jatuh pada Rabu Pon dan Rabu Pahing.

Berdasarkan tiga sumber yang dihimpun Katadata.co.id, dua nama yang akan masuk kabinet  adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement