Jokowi Umumkan Reshuffle Terbatas Rabu Siang, Ini Bocoran Terbaru

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2022, 07:59
reshuffle, jokowi, kabinet
ANTARA FOTO/HO-Setpres/Muchlis Jr/wpa/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres MaÕruf Amin (tengah) dan Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) menyampaikan sambutan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6) siang. Namun, perombakan kabinet kali ini dikabarkan terbatas dan hanya menyasar dua kursi menteri yang diisi oleh wajah-wajah baru.

Berdasarkan tiga sumber yang dihimpun Katadata.co.id, dua nama yang masuk kabinet adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto.

"Zulkifli disebut akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan," kata sumber tersebut kepada Katadata.co.id, Selasa tengah malam (14/5). Sedangkan Hadi dikabarkan diplot menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

 Reshuffle tak hanya menyasar posisi menteri. Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni disebut-sebut bakal menjadi Wakil Menteri ATR menggantikan rekan separtainya yakni Surya Tjandra.

Nama lain yang diinfokan tergeser adalah Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo. Namun John akan digeser menjadi  Wakil Menteri Dalam Negeri.

Halaman:
Reporter: Tim Redaksi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...