Jokowi Bakal Angkat Tiga Wakil Menteri, Ini Daftarnya

Yuliawati
Oleh Yuliawati
15 Juni 2022, 12:41
wakil menteri, reshuffle
Youtube Sekretariat Presiden
Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6) siang. Presiden bakal mengumumkan reshuffle terbatas, hanya menyasar dua kursi menteri dan tiga wakil menteri.

Tiga wakil menteri yang diangkat Jokowi yakni:

1. Wakil Menteri Ketenagakerjaan: Afriansyah Noor (Sekjen PBB)
2. Wakil Menteri ATR/Kepala BPN: Raja Juli Antoni (Dewan Pembina PSI)
3. Wakil Menteri Dalam Negeri: John Wempi Wetipo

Menjelang pengumuman, Raja Juli dan Afriansyah Noor hadir di istana mengenakan jas hitam.  Afriansyah tampak hadir dengan setelan jas lengkap dan dasi merah di Istana Kepresidenan pada pukul 11.45 WIB. Ketika ditanyakan, ia hanya menjawab singkat.  "Jadi Wamenaker," katanya.

Satu nama lainnya yang dikabarkan masuk sebagai wakil menteri yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati. Ia kabarnya akan menjadi Wakil Menteri Koperasi dan UMKM. Namun, hingga berita ini dibuat, belum tampak kehadiran Saras dan belum ada konfirmasi dari Gerindra. 

Presiden Jokowi dikabarkan juga akan mengangkat dua menteri yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. 

Berdasarkan sumber yang dihimpun Katadata.co.id, Zulkifli akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Adapun Hadi akan menggantikan Sofyan Djalil menjadi Menteri ATR/BPN.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...