Usai Rakernas Usung Anies, Nasdem Diajak Koalisi dengan PKS

Image title
20 Juni 2022, 18:10
Anies, PKS
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tertarik menjajaki koalisi dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam Pemilu 2024. Petinggi partai akan bertemu pada Rabu (22/6) mendatang.

Wakil Ketua Umum Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman, menyatakan pertemuan petinggi partai nantinya bentuk penjajakan. Iman menjelaskan hanya Majelis Syura PKS yang berhak menentukan arah koalisi.

“Penentuan koalisi dengan siapa dan mengusung siapa itu adalah Majelis Syura. Oleh karena itu, ini adalah proses komunikasi politik, semacam check sound menyamakan persepsi dan frekuensi,” kata Iman dalam Konferensi Pers Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS pada Senin (20/6).

Dalam pertemuan dengan Nasdem, PKS akan diwakili oleh dirinya dan Presiden PKS Syaikhu Ahmad. "Ketua majelis syuro sudah ada agenda di Jawa Tengah dan Jawa Timur, jadi tak bisa hadir,” kata Iman.

Pertemuan mendatang dengan Nasdem sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem yang berlangsung pada Rabu (15/6) hingga Jumat (17/6) lalu. Oleh sebab itu, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh pun menepati janjinya dengan menerima PKS pada Rabu pekan ini.

“Jauh sebelum Rakernas, Surya Paloh mengatakan Nasdem siap bertemu setelah Rakernas,” ujarnya.

Surya Paloh pada penutupan Rakernas Nasdem mengumumkan tiga nama yang diusung Nasdem sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024. Ketiganya yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Panglima TNI Jenderal Mohammad Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam berbagai hasil survei, mayoritas pemilih PKS setuju agar partai tersebut mengusung Anies sebagai capres.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...