Citilink Mendarat Darurat karena Pilot, Pengamat: Kebobolan Dua Kali

Andi M. Arief
22 Juli 2022, 17:34
citilink
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Sejumlah penumpang menaiki pesawat ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021).

Pesawat Citilink rute Surabaya-Ujung Pandang dengan nomor penerbangan QG 307 mendarat darurat dengan kondisi Pilot Utama, Boy Awalia Asnil sakit kritis hingga meninggal dunia pada Kamis (21/7). Pengamat penerbangan Arista Atmadjati menyebutkan Citilink tidak belajar dari pengalaman sebelumnya dalam mendeteksi kesehatan pilot sebelum mengudara.

Arista menyatakan peristiwa Kamis lalu, mirip dengan kejadian pada 2016. Ketika itu, Kapten Tekad Purnama Aniamartanto dalam keadaan mabuk saat akan menerbangkan pesawat rute Surabaya-Jakarta pada Rabu, 28 Desember 2016.

Tekad diketahui mabuk karena mengisap tembakau gorila, rokok yang ditambah stimulan ganja sintetis. Setelah kejadian tersebut, Kapten Tekad dipecat dan direktur utama Citilink Indonesia mengundurkan diri.

"(Petugas) sistem profiling oleh ground hailing darat yang dikontrak Citilink atau orang Citilink itu biasanya cenderung kurang cermat," kata Arista kepada Katadata.co.id, Jumat (22/7).

Pada kasus Kapten Boy Awalia Asnil, manajemen Citilink Indonesia menyatakan semua kru dalam penerbangan tersebut sudah melewati prosedur pengecekan kesehatan dan dinyatakan fit atau laik terbang. Arista menilai pernyataan tersebut tidak tepat lantaran pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh maskapai setiap enam bulan sekali, bukan menjelang setiap penerbangan.

Oleh karena itu, Arista mengatakan profiling kru pesawat sebelum penerbangan menjadi poin penting. Petugas operasi penerbangan dinilai tidak cukup hanya menjelaskan kondisi penerbangan saja, seperti cuaca, rute, ketinggian penerbangan, dan faktor lainnya.

"Harus lihat wajah pilot, pramugari, dan pramugara. Apakah berbicaranya gagap? Keluar keringat berlebih tidak? Fit untuk terbang? Ini kejadian kedua kok (untuk) Citilink," kata Arista.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...