Luhut Minta Kapolda hingga Gubernur Gerakkan Tanam Bawang dan Cabai

Rizky Alika
30 Agustus 2022, 11:08
Luhut, bawang, cabai
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Pemerintah tengah menjaga inflasi di tengah krisis pangan dan energi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong penanaman bahan pangan secara mandiri untuk menjaga stok dan inflasi.

"Cabai merah, bawang merah, cabai rawit, telur ayam, daging ras, tomat. Ini menurut saya bisa kita kembangkan di rumah masing-masing," kata Luhut dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring, Selasa (30/8).

Ia pun meminta gubernur, panglima komando, hingga kapolda untuk memerhatikan hal tersebut.

Luhut menyebutkan, ia sempat menanam bahan pangan sendiri saat menjabat sebagai Komandan Korem di Madiun, Jawa Timur pada 1995. Saat itu, ia membuat hidroponik untuk mencegah kekurangan bahan pangan.

Ia mendorong swasembada pangan agar inflasi terjaga. "Jangan pakai yang terlalu canggih-canggih. Pokoknya dia tidak kekurangan bawang, cabai, telur, daging ayam," katanya.

Luhut menyebut inflasi komponen bergejolak sudah sampai 11,4% pada Juli 2022. Adapun, tekanan inflasi tersebut sebagian besar terjadi di Sumatera.

Selama 2022, inflasi terbesar pada pangan disumbang oleh cabai merah sebesar 0,4%, bawang merah 0,3%, dan cabai rawit 0,08%.

Untuk itu, pemerintah akan mewaspadai inflasi yang dipicu oleh bahan pangan yang bergejolak dalam empat bulan ke depan. "Ayo kita ramai-ramai selesaikannya dengan dana yang sudah disiapkan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...