Presiden Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia

Yuliawati
Oleh Yuliawati
31 Agustus 2022, 12:33
Mikhail Gorbachev, Rusia
123rf.com
Mikhail Gorbachev.

Mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, meninggal dalam usia 91 tahun di Rusia. Gorbachev yang merupakan pemimpin terakhir Uni Soviet, terkenal sebagai tokoh yang mengakhiri Perang Dingin pada 1991.

"Gorbachev meninggal malam ini setelah sakit yang serius dan lama," kata Rumah Sakit Klinik Pusat di Moskow pada Selasa malam (30/8), seperti dikutip Al Jazeera dari kantor berita Interfax, TASS dan RIA Novosti.

Kematian Gorbachev bertepatan dengan enam bulan invasi Rusia ke Ukraina, yang meningkatkan ketegangan antara Moskow dan Barat. Juru bicara Rusia mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan “belasungkawa terdalamnya” atas kematian Gorbachev.

Gorbachev menyampaikan pidato pengunduran diri dan pembubaran Uni Soviet di televisi di Kremlin, Moskow, Rusia pada Rabu, 25 Desember 1991. Pembubaran blok Soviet mengakhiri konfrontasi antara Timur dan Barat dalam Perang Dingin bertahun-tahun. Bubarnya Uni Soviet ini membebaskan negara-negara Eropa Timur dari dominasi Soviet, dan mulai berdirinya negara Rusia modern.

Presiden AS Joe Biden, yang merupakan anggota Senat Komite Hubungan Luar Negeri ketika Gorbachev menjabat, menggambarkan mantan pemimpin itu sebagai "pria dengan visi yang luar biasa", dengan mengatakan dia memiliki "keberanian" untuk "mengakui bahwa segala sesuatunya perlu diubah" setelah bertahun-tahun konfrontasi.

“Sebagai pemimpin Uni Soviet, dia bekerja dengan Presiden Reagan untuk mengurangi persenjataan nuklir kedua negara kita,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Setelah puluhan tahun mengalami represi politik yang brutal, dia memeluk reformasi demokrasi. Dia percaya pada glasnost dan perestroika – keterbukaan dan restrukturisasi – bukan hanya sebagai slogan, tetapi sebagai jalan ke depan bagi rakyat Uni Soviet setelah bertahun-tahun terisolasi dan kekurangan.”

Berdasarkan informasi TASS, Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...