Amerika Ajak Zelensky Berpartisipasi Jika Putin Hadiri KTT G20 Bali

Happy Fajrian
22 Agustus 2022, 08:56
ktt g20 bali, zelensky, vladimir putin, jokowi, amerika serikat, gedung putih
Sekretariat Kabinet RI
Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Marynsky, Kyiv, dalam misi damai untuk meredakan perang Rusia-Ukraina.

Amerika Serikat (AS) mengajak Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ikut berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali jika Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri acara itu.

Gedung Putih menyatakan bahwa Amerika tidak berharap Putin menghadiri KTT G20 di Bali karena telah menginvasi dan mengobarkan perang di Ukraina. Tetapi jika Putin hadir, maka Gedung Putih percaya Zelensky juga harus berpartisipasi.

“Seperti yang dikatakan Presiden (Joe) Biden sendiri secara terbuka, dia berpikir tidak seharusnya Presiden Putin menghadiri G20 saat ia berperang melawan Ukraina,” kata Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam sebuah pernyataan dikutip Senin (22/8).

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (18/8) mengatakan bahwa dia mengharapkan baik Putin dan Presiden Cina Xi Jinping untuk menghadiri KTT G20 di Bali, yang akan berlangsung pada bulan November.

Jokowi menyatakan Indonesia tidak memihak siapapun pada perang di Ukraina. Dan AS menyebut Cina semakin bertindak semakin agresif terkait Taiwan. AS dan sekutunya bersikeras bahwa Putin harus dikecualikan dalam KTT G20 setelah menginvasi Ukraina. Tapi negara-negara seperti Indonesia dan India telah menolak gagasan itu.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang, ”kata Jokowi kepada Pemimpin Redaksi Bloomberg News John Micklethwait dalam sebuah wawancara.

Mantan sekretaris kabinet dan penasihat tidak resmi Presiden Joko Widodo, Andi Widjajanto juga mengonfirmasi kehadiran kedua pimpinan negara dalam forum 20 negara-negara ekonomi terbesar tersebut. "Presiden Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin sama-sama berencana untuk hadir di Bali,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...