Kepada Rocky Gerung, Luhut Pamer Data Intelijen Soal Potensi Kerusuhan

Ade Rosman
21 September 2022, 18:57
Luhut, Rocky Gerung
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) tiba untuk menyampaikan pengarahan dan evaluasi Aksi Afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Akademisi Rocky Gerung yang terkenal sebagai pengkritik pemerintah, baru-baru ini berbincang satu meja dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam diskusi itu, Rocky melontarkan isu mengenai potensi berulangnya kerusuhan sosial seperti 1998. Dia meminta gambaran Luhut perihal siapa saja tokoh-tokoh yang diprediksinya bisa menjadi penyelamat bila terjadi social unrest.

Luhut menjelaskan situasi Indonesia saat ini jauh dari kekacauan atau chaos seperti yang pernah terjadi pada 1998.
Dia meyakini kondisi itu dengan kelengkapan data dan sistem intelijen.

“Saya dilengkapi oleh sistem sehingga saya bisa melihat berbagai kemungkinan-kemungkinan, saya kira itu (kekacauan) masih sangat jauh, tapi yang saya sampaikan bahwa kita semua harus berhati-hati menghadapi dunia sekarang,” kata Luhut di kanal YouTube RGTV Channel ID, dikutip pada Rabu (21/9).

Luhut mengungkapkan dirinya telah menerima informasi-informasi krisis-krisis yang sedang terjadi di belahan dunia lain. Seperti kekeringan di Cina yang berimbas pada penjatahan listrik, kekeringan di Eropa, serta antrean makanan di Amerika.

“Nah, kita sampai hari ini itu tidak terjadi gejala-gejala itu,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...