Modus Baru Kotak Amal Dipasang QRIS Palsu Tersebar di Masjid Jakarta

Yuliawati
Oleh Yuliawati
11 April 2023, 12:29
Viral pria mengganti QRIS kotak amal masjid
Twitter
Viral pria mengganti QRIS kotak amal masjid

Modus baru penipuan dengan menempelkan QRIS palsu pada kotak amal marak terjadi di masjid di wilayah Jakarta. Polisi mengusut kasus setelah beredar video seorang pria mengganti QRIS pada kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal ​​​​​(Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus mengatakan penipuan tersebut merupakan modus baru. Si penipu mengganti atau memanipulasi QRIS kotak amal masjid, sehingga amal yang dikirimkan jemaah masuk ke rekening pelaku.

Penipuan ini diduga tersebar di banyak masjid. "Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, yakni Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah dan Kalibata," ujar Irwandhy kepada wartawan, Selasa (11/4).

Polisi mengantongi nama calon tersangka berinisial IML yang beroperasi di masjid Blok M Square. Dari video yang tersebar di media sosial, IML yang berpakaian rapi mengganti QRIS kotak amal masjid dengan kode batang miliknya.

QRIS palsu juga bertebaran di Masjid Istiqlal dengan nama 'Restorasi Masjid'. Petugas masjid Istiqlal memperkirakan stiker QRIS palsu itu tersebar hingga 50 lembar di masjid.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyumbang melalui QRIS untuk berkoordinasi dengan DKM setempat agar sumbangan yang disalurkan tepat sasaran.

"Kami akan komunikasi, melihat barang bukti, hingga gelar TKP guna mencari siapa yang telah mentransfer ke QRIS palsu tersebut," kata dia.

Sulit Mendeteksi QRIS Palsu

Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan sulit untuk mendeteksi QRIS yang telah diganti oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan mata telanjang.

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...