Jokowi Lobi Kanselir Jerman Percepat Pembahasan IEU-CEPA

Andi M. Arief
18 April 2023, 13:45
Presiden Jokowi bertemu dengan perwakilan perusahaan Jerman di Hannover, Jerman, Minggu (16/4).
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi bertemu dengan perwakilan perusahaan Jerman di Hannover, Jerman, Minggu (16/4).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, salah satunya membahas Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa atau IEU-CEPA. Jokowi menekankan pentingnya kesetaraan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

"Presiden meminta dukungan Jerman agar perundingan IEU-CEPA dapat segera dituntaskan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (18/4).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kanselir Olaf berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan pembahasan IEU-CEPA. Menurutnya, Kanselir Olaf mengakui ada beberapa isu ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Oleh karena itu, Airlangga mengumumkan pendekatan yang digunakan dalam perundingan selanjutnya akan lebih pragmatis untuk mempercepat perundingan IEU-CEPA. Pasalnya, IEU-CEPA dapat digunakan sebagai platform kerja sama ekonomi antara negara-negara di Eropa dan Indonesia.

Airlangga menilai pamor Indonesia di Benua Biru cukup baik setelah menjadi negara mitra Hannover Messe sebanyak tiga kali. "Dari segi teknologi dan kerja sama ada beberapa kesamaan dan rencana jangka panjang ke depan," kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...