Progres Pembangunan IKN Capai 27%, Belum Ada Investor yang Masuk

Nadya Zahira
2 Mei 2023, 17:01
Pekerja dengan menggunakan alat berat membangun Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Pekerja dengan menggunakan alat berat membangun Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023).

Progres pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN sudah mencapai 27%. Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan saat ini sedang dalam proses pembangunan 30 proyek.

"Terakhir Pak Menteri report ke Presiden seminggu atau dua minggu lalu, progres IKN saat ini 27%, dan 30 proyek sedang berlangsung," kata Endra kepada awak media, saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (2/5).

Advertisement

Endra mengatakan proyek yang sedang digarap tersebut di antaranya pembangunan Istana Presiden dan Wakil Presiden, kantor-kantor Kementerian, bendungan, jalan, dan tempat tinggal para pekerja.

Endra menuturkan berbagai infrastruktur utama yang tengah dikembangkan secara progresif pada pembangunan IKN antara lain area Istana Negara, pembagian kantor Kementerian dan perumahan aparatur sipil negara atau ASN. Sedangkan untuk rencana pemindahan aparatur sipil negara akan dimulai pada 2024 mendatang.

Meski demikian, Endra mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada investor baru yang masuk untuk membantu kelancaran pembangunan IKN. Para investor masih mengambil posisi wait and see dan menunggu selesainya pembangunan infrastruktur dasar oleh pemerintah.

"Karena memang tidak ada di negara manapun proses pemindahan negara itu investor dulu yang masuk, pasti subsidi pemerintah," kata Endra.

Dia mengatakan, untuk mengajak investor agar dapat berinvestasi guna membantu pembangunan IKN tentu tidak mudah, karena terdapat beberapa tahapan perencanaan yang mendetail. Namun, dia optimis bahwa untuk tahun ini dipastikan ada beberapa investor baru yang berminat untuk berinvestasi di IKN.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement