KCIC Mulai Hari Ini Uji Fungsi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Nadya Zahira
15 Mei 2023, 11:00
Pekerja melakukan pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Jumat (31/3/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Pekerja melakukan pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Jumat (31/3/2023).

PT Kereta Api Cepat Indonesia Cina atau KCIC akan segera melakukan test commissioning  atau uji fungsi Kereta Api Cepat Jakarta Bandung atau KCJB. Kegiatan ini dilakukan bersama para kontraktor untuk melihat kesiapan seluruh sarana dan prasarana KCJB. 

Uji fungsi ini melalui berbagai tahapan, pada hari ini merupakan tahapan awalnya.  Sehingga, belum ada tes fungsi perjalanan EMU (Electric Multiple Unit) atau CIT (Comprehensive Inspection Train).

Advertisement

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan pada hari ini menguji fungsi integrasi sistem sarana dan prasarana. "Selain itu juga baru mulai persiapan fixed asset seperti signalling, telecommunication, catenary, OCC (Operation Control Center), depo dan stasiun,” ujar Rahadian melalui keterangan resmi, Senin (15/5).

Rahadian menuturkan, uji fungsi merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam rencana pengoperasian KCJB. Dalam proses ini dilakukan pengujian dan assessment sarana dan prasarana kereta Cepat serta integrasi sistemnya, termasuk uji dinamis perjalanan EMU/CIT yang akan dilakukan di sepanjang trase KCJB.

Sejak April, KCIC memproses tahap awal dengan melakukan independent test terhadap sarana dan prasarana. "Untuk memastikan bahwa semua subsistem berjalan dengan normal sesuai standar dan spesifikasi yang telah ditentukan," kata Rahadian.

KCIC juga telah menunjuk konsultan NERC dan CARS sebagai konsultan independen yang membantu pelaksanaan test commissioning proyek KCJB. NERC adalah asesor sarana dan prasarana sementara CARS lebih sebagai konsultan yang melakukan assessment atas safety sarana dan prasarana KCJB.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement