Mahfud Ingin Masa Kerja Satgas BLBI Diperpanjang Sampai Jokowi Lengser

Abdul Azis Said
6 Juni 2023, 18:20
Menko Polhukam sekaligus Ketua Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Menko Polhukam sekaligus Ketua Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD.

Masa tugas Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI akan habis pada akhir tahun ini. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan sekaligus Ketua Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD menyebut akan meminta perpanjangan masa tugas Satgas BI.

Perpanjangan masa tugas ini berdasarkan usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban. Namun, perpanjangan masa tugas hanya bisa sampai Agustus atau sebelum Presiden Joko Widodo lengser.

"Karena September-Oktober 2024 mulai proses pergantian pemerintahan baru," kata Mahfud dalam seremoni serah terima aset eks BLBI kepada 14 K/L dan tiga pemerintah daerah di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (6/6).

Setelah Presiden Jokowi Lengser, Mahfud menyebut akan ada ketentuan mengikat bagi pemerintah untuk melanjutkan penagihan. Satgas akan membuat laporan terkait tagihan piutang BLBI yang akan disampaikan pada akhir masa tugasnya.

"Ini nanti disetempel oleh menteri keuangan, catatan ini tentu mengikat pemerintah berikutnya, sehingga menjadi tugas pemerintah berikutnya," ujar Mahfud.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...