Ratusan Purnawirawan TNI-Polri Dukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024

Ade Rosman
7 Juli 2023, 14:11
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyapa pendukungnya usai menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyapa pendukungnya usai menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Ratusan purnawirawan TNI-Polri yang tergabung dalam Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri untuk Perubahan (FP3) menyatakan dukungan kepada bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Koordinator Umum FP3 Letjen TNI (Purn) Ediwan Prabowo mengatakan dukungan diberikan oleh sekitar 170 Purnawirawan Pati TNI dan Polri lintas angkatan, dari matra AD, AL, AU, maupun Polri dari pangkat bintang satu sampai bintang tiga.

Dukungan berdasarkan keprihatinan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dianggap belum mencerminkan harapan.

"Marak terjadi praktik hukum dan pengelolaan pemerintahan yang tidak berpihak pada rakyat, dan merugikan negara, serta kekhawatiran kuat terjadinya perpecahan serius antar anak bangsa," kata Ediwan dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (7/7).

FP3 mendukung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah mengusung pencapresan Anies. Ediwan berpandangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan memiliki visi perubahan yang dianggapnya dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih sejahtera.

Beberapa petinggi yang terlibat di antaranya mantan Dansesko TNI Angkatan Laut Laksamana Madya (purn) Dedi Muhibah Pribadi, mantan Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal (purn) Hartomo.

Ada pula mantan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (purn) Muhammad Syaugi, dan mantan Analis Kebijakan Utama Bidang STIK Lemdiklat Polri Inspektur Jenderal (purn) Anas.

Meski begitu, Ediwan meminta anggota TNI-Polri aktif, ASN serta pejabat negara dan pejabat pemerintahan untuk bersikap netral dan menjadi contoh gambaran netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hingga saat ini Anies dan partai pengusungnya belum mengumumkan calon wakil presiden. Tim 8 KPP menyebut bakal calon presiden atau Capres yang mereka usung, yakni Anies Baswedan kemungkinan akan mengumumkan bakal calon wakil presiden atau Cawapres pendampingnya sepulang dari ibadah haji.

Anggota tim 8 yang juga merupakan juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan, Anies telah mengundang Tim 8 untuk rapat pada Selasa (20/6) lalu.

Pada rapat tersebut, Anies yang sedang dalam proses mempersiapkan keberangkatan ibadah haji mengatakan pembahasan mengenai Cawapres telah rampung, dan meminta tim pendukungnya untuk mengambil langkah selanjutnya, yaitu mempersiapkan hal-hal teknis.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...