Anies Sebut Istilah Wakanda di Medsos Cerminkan Demokrasi Tak Sehat

Ade Rosman
29 Agustus 2023, 18:39
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kanan) saat mengikuti lomba tarik tambang di Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kanan) saat mengikuti lomba tarik tambang di Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023).

Bakal calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menilai demokrasi di Indonesia dalam kategori kurang sehat. Dia menyebut masyarakat terbiasa menerapkan self-censorship atau menyensor diri sendiri ketika melontarkan kritik terhadap pemerintah.

Anies memaparkan masyarakat kerap menggunakan istilah Konoha maupun Wakanda di media sosial untuk menyamarkan nama Indonesia. Konoha merupakan nama suatu desa di anime Naruto. Sedangkan wakanda adalah sebuah negara fiksi buatan Marvel Comics.

“Nah ini yang sekarang menjadi masalah, karena kita menyaksikan kalau di sosial media, banyak sekali yang mau tulis (mengkritisi pemerintah) itu sebutnya Konoha, Wakanda, begitu,” kata Anies saat mengisi Kuliah Kebangsaan di FISIP UI 2023, pada Selasa (29/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan kebiasaan penggunaan istilah tersebut cerminan rasa takut dan tidak merasa bebas.  Dia menerangkan bahwa terdapat dua sistem yakni demokratik dan non-demokratik.

Pilar dari non-demokratik adalah rasa takut. "Karena itu perhatikan, rezim-rezim otoriter pasti menggunakan rasa takut untuk menjalankan kekuasaannya," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...