Jamu Anies di Perpustakaan Pribadi, SBY Ungkit Sejarah Menang Pilpres

Ade Rosman
25 Agustus 2023, 21:54
Anies
Doc Partai Demokrat
Anies Baswedan Bertemu SBY

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan di perpustakaan pribadinya, di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8) malam.

Pada pertemuan tersebut, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menceritakan ruangan yang menjadi saksi perjuangan politiknya pada Pemilihan Presiden 2004 dan 2009.

"Pertemuan menjelang pilpres 2004 dan 2009 juga dilaksanakan di tempat ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, SBY menceritakan bahwa di perpustakaannya itu pula Partai Demokrat mendukung mendiang suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Almarhum Taufiq menjabat sebagai Ketua MPR pada periode 2009 hingga 2013.

"Termasuk acara yang mungkin tidak banyak diketahui orang ketika sedang dilaksanakan pemilihan ketua MPR RI, di ruangan inilah saya katakan kami dukung Pak Taufiq Kiemas," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Anies didampingi oleh jajaran Tim 8 koalisi pendukungnya, di antaranya Sugeng Suparwoto, Sudirman Said, Sohibul Iman, Muzzammil Yusuf, Iftitah Sulaiman Suryanegara, Dadang Dirgantara, Ahmad Sahroni, dan Teuku Riefky.

Saat ini, sebagai bacapres, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tengah mengantongi dukungan dari KPP yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS. Meski telah diberi wewenang untuk menentukan cawapres pendampingnya, hingga kini Anies belum mendeklarasikan cawapresnya. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...