Usai Bertemu Surya Paloh, Giliran Anies Sambangi Kediaman SBY

Ade Rosman
25 Agustus 2023, 17:53
 Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan akan menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Susilo Bambang Yudhoyono di kediamannya, Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (25/8) malam. Pertemuan itu terjadi setelah Anies bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh. 

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan rencananya Anies akan didampingi oleh Tim 8. Sedangkan SBY akan menyambutnya bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Pertemuan malam ini akan membahas mengenai strategi pemenangan Koalisi Perubahan menghadapi Pilpres 2024," kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (25/8).

Sehari sebelumnya, Anies bersama Tim 8 telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Hotel Grand Hyatt Jakarta pada Kamis (24/8) malam. Pada pertemuan 
itu Anies dan Surya membahas situasi politik terkini di Tanah Air. 

Demokrat Desak Anies Segera Pilih Cawapres

Sejumlah petinggi Partai Demokrat sebelumnnya menekan agar Anies segera mendeklarasikan cawaprea pendampingnya di Pilpres 2024. Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief beralasan hal itu dikarenakan elektabilitas Anies kian terkikis menurut ssjumlah hasil survei.

“Masalahnya karena belum ada deklarasi saja, kalau sudah deklarasi nanti bisa bersaing. Kan semua mesin bergerak nanti,” kata Andi Arief kepada wartawan di Kawasan TIM, Jakarta, Kamis (24/8) malam. 

Pada kesempatan yang sama, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menyampaikan hal senada. Sama dengan Andi, Syarif mendesak Anies segera mengumumkan cawapres yang dipilihnya.

Saat ini Anies telah mengantongi dukungan dari Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera untuk maju dalam pemilihan presiden 2024. Namun hingga kini Anies belum mengumumkan nama cawapres yang akan diusung. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...