Jokowi soal Capres Pilihan: Ojo Kesusu, Orangnya Enggak Ada di Sini

Amelia Yesidora
14 Oktober 2023, 16:12
Presiden Jokowi
Katadata/Youtube
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan agar para relawan Projo bersabar menunggu calon presiden pilihannya. Agenda Rakernas Projo batal mengumumkan deklarasi calon presiden dan calon wakil presidennya pada hari ini.

"Sudah saya sampaikan, ojo grusa-grusu. Kedua saya sampaikan, ojo kesusu. Ketiga saya sampaikan jangan tergesa-gesa. Nanti kalau sudah tiba waktunya, semuanya akan tahu," kata Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10).

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan capres pilihannya pun tak ada di lokasi saat ini. "Masih sabar menunggu gak? Jangan mendesak-desak untuk hari ini saya ngomong siapa. Karena juga orangnya enggak ada disini," kata Jokowi sembari tersenyum.

Sosok calon presiden yang tak hadir kemungkinan merujuk pada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Dalam pembukaan pidato, Jokowi sempat menanyakan ketidakhadiran Prabowo  di lokasi acara. "Pak Ketua Umum (Gerindra) enggak hadir," kata Jokowi.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi, Budi Arie Setiadi, menyatakan Projo sudah sepakat mendukung Prabowo meski Rakernas tanpa deklarasi. "Dari pandangan teman-teman di Indonesia, Projo sudah sepakat mendukung Prabowo. Sesuatu yang sudah jelas tidak usah dipikirkan lagi," kata Budie. 

Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka yang disebut-sebut sebagai bakal cawapres Prabowo, sempat menghadiri Rakernas Projo. Dia sempat menyalami dan mengobrol dengan para Ketum Parpol pendukung Koalisi Indonesia Maju.

Namun, Gibran hanya sekitar 15 menit di lokasi. Sebelum Jokowi tiba, dia meninggalkan GBK.

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka (Katadata/Amelia Yesidora)

Gibran Jadi Kandidat Cawapres Dampingi Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengerucutkan nama bakal calon wakil presidennya menjadi empat nama. Hal tersebut merupakan hasil rapat pimpinan Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, Jakarta, Jumat (13/10).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...