Disuntik East Ventures, Media Asumsi Akan Buat Platform Live Streaming

Asumsi akan menggunakan pendanaan dari East Ventures untuk membangun platform live streaming yang interaktif dengan aneka fitur.
Image title
17 September 2021, 17:16
East Ventures, media digital, asumsi
Katadata
Ilustrasi pengguna telepon seluler dan sosial media

Perusahaan media digital multi-platform, Asumsi, mendapatkan pendanaan sebesar US$ 700 ribu atau Rp 10 miliar dari perusahaan modal ventura East Ventures. Asumsi akan memanfaatkan dana tersebut, salah satunya untuk membuat platform live streaming.

CEO Asumsi Pangeran Siahaan mengatakan, perusahaan menargetkan platform live streaming meluncur pertengahan tahun depan. Asumsi akan membuat platform live streaming yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan penontonnya atau streamer.

"Dengan platform live streaming, Asumsi dapat terus mendorong keterlibatan berbagai unsur masyarakat di ruang publik," katanya dalam siaran pers, Jumat (17/9).

Asumsi menyiapkan platform live streaming yang interaktif dengan aneka fitur. Di antaranya tip, question and answer (Q&A), serta kuis. Untuk memaksimalkan berbagai fungsi platform tersebut Asumsi memperkuat tim engineer.

Pangeran mengatakan, perusahaan berupaya mengembangkan platform live streaming karena potensinya yang besar. Berdasarkan laporan GlobalWebIndex (GWI) pada 2020, penonton televisi kini lebih banyak memilik menonton kontennya melalui aplikasi streaming pada gawai mereka.

Selain membuat platform live streaming, Asumsi juga akan menambah dua kategori konten baru, yakni olahraga (Sport) dan gaya hidup (Lifestyle). Kedua kategori ini akan melengkapi konten yang saat ini masih berfokus pada politik dan isu sosial.

Asumsi memilih dua kategori konten tersebut untuk memperluas jangkauan pemirsa dan meningkatkan kesempatan komersial baru. Di sisi lain, Asumsi juga menurutnya akan tetap fokus dalam menyediakan konten-konten yang beda dari yang lain berupa video, artikel, podcast, newsletter, hingga konten mini di media sosial.

Pendapatan Asumsi mengalami peningkatan hingga 10 kali secara tahunan (year on year/yoy) pada putaran pendanaan ini. Asumsi juga telah mencatatkan lebih dari 10 juta penonton setiap bulannya di seluruh platform. Asumsi kini telah bekerja sama dengan sekitar 50 pengiklan, mulai dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga perusahaan milik negara.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, perusahaannya memberikan pendanaan kepada Asumsi, sebab konten-konten seperti yang dibuat Asumsi dibutuhkan masyarakat. "Kami juga yakin inovasi-inovasi di bidang jurnalistik mereka akan menciptakan ruang yang lebih besar bagi segala bentuk keragaman dan demokrasi di Indonesia,” kata Willson.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait