Kominfo dan Eks Panglima TNI Siapkan Infrastruktur MotoGP di Mandalika

Mulai hari ini, Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi sebesar 4 MHz di pita frekuensi 400 MHz sebagai bentuk persiapan MotoGP
Image title
27 Desember 2021, 14:51
MotoGP
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Foto udara Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021).

Menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Lombok, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan infrastruktur internet. Mulai hari ini, Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi sebesar 4 MHz di pita frekuensi 400 MHz.

Menteri Kominfo Johnny G Plate membahas persiapan infrastruktur dengan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto hari ini (27/12). Hadi Tjahjanto menjabat sebagai komandan lapangan persiapan penyelenggaraan MotoGP Mandalika, yang baru-baru ini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. 

"Agar penyelenggaraan berjalan dengan baik," katanya pada Senin (27/12) di Jakarta.

Kominfo juga akan memastikan ketersediaan jaringan tulang pungggung telekomunikasi pada fiber optik. "Untuk mendukung transmisi data dari Mandalika ke seluruh Indonesia dan ke dunia," katanya.

Kemudian, Kominfo akan melengkapi penyediaan bandwith dan Base Transceiver Station (BTS) dari operator seluler agar lebih memadai. Johnny mengatakan, di Mandalika, terdapat dua operator seluler besar yang beroperasi yakni Telkomsel dan XL Axiata.  

"Saya sendiri sudah melakukan rapat dengan operator seluler. Mereka juga sudah memastikan akan memberikan layanan telekomunikasi yang memadai pada saat penyelenggaraan MotoGP," katanya.

Kementerian Kominfo juga akan mendiskusikan lebih lanjut mengenai koordinat dan posisi desa-desa yang perlu penambahan serta penguatan sinyal.

Kominfo kemudian akan menyediakan fasilitas internet dengan kemampuan 5G di Mandalika. "Ini seperti event olahraga lainnya, baik Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Asian Games," katanya.

Untuk menunjang 5G tersebut, Kominfo mengandalkan ketersediaan spektrum 2,3 MHz. Sejumlah operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, dan XL pun telah mengakomodasi layanan internet 5G di Indonesia.  

Selain itu, Kominfo akan memastikan keselamatan penerbangan ke Mandalika dengan menggerakan mobile unit dari Balai Monitoring Kominfo yang ada di Lombok. "Ini penting untuk memastikan agar tidak terjadi interferensi perangkat komunikasi yang ada di pesawat terbang dengan perangkat radio di darat," katanya.

Dalam rangkaian seri balap MotoGP 2022 nanti, Sirkuit Mandalika, Lombok masuk dalam salah satu venue balapan. Mandalika akan menjadi tuan rumah pada balapan kedua, 20 Maret 2022.

Pada Februari, Mandalika juga menjadi tuan rumah gelaran pra musim yang dihadiri 900 pembalap dan official.

"Sarana prasarana terus kami benahi," kata Hadi Tjahjanto. Tim yang dipimpin Hadi itu misalnya telah membuka lima pintu masuk menuju Mandalika.

Tim yang dipimpin Hadi juga berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga "Agar penyelenggaraan pada Maret nanti sukses," katanya.

Advertisement

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait