Cerita Raffi Ahmad Sukses di Medsos hingga Jadi Sultans of Content

Raffi Ahmad merambah platform digital seperti YouTube dan Instagram dimulai dengan ketidaksengajaan.
Image title
20 Mei 2022, 16:28
Raffi Ahmad, medsos,
Instagram Raffi Ahmad
Raffi Ahmad

Pesohor sekaligus pengusaha Raffi Ahmad menceritakan awal mula ia gencar merambah platform digital seperti YouTube dan Instagram. Pemilik Rans Entertainment dengan pasangannya Nagita Slavina ini dinobatkan sebagai ‘The Sultans of Content’ oleh Forbes Indonesia pada awal tahun ini.

Raffi mengatakan, ia sudah berkecimpung di dunia hiburan Indonesia selama 25 tahun. Sejak usia 19 tahun hingga berkepala tiga, ia hanya bekerja di industri televisi.

Kemudian, ia gencar merambah platform digital seperti YouTube dan Instagram karena ketidaksengajaan. Awalnya Raffi hanya berniat mengabadikan anaknya Rafathar di platform tersebut.

"Lama kelamaan saya jadi sadar, media sosial menjadi jembatan saya memperpanjang usia di dunia hiburan," ujar Raffi dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

Advertisement

Melalui konten-konten yang ia tampilan di YouTube dan Instagram, penggemarnya menjadi semakin luas. "Karena platform itu ternyata langsung ke personalnya," ujarnya.

Bahkan, lewat media sosial itu kini anak-anak berusia lima tahun pun mengenalnya sebagai selebritas. "Mereka panggil saya papahnya Rafathar," ujar Raffi.

Pada mulanya, Raffi menganggap sebelah mata platform digital. Ia sudah merasa cukup mendapatkan penghasilan yang besar di industri televisi. "Saya dahulu ada di empat program televisi dengan acara yang berbeda-beda. Bekerja dari pagi sampai malam," ujarnya.

Namun ia membandingkan hasil pekerjaannya dengan pasangannya Nagita. Menurutnya, Nagita hanya bekerja syuting endorse produk di Instagram dari siang hingga menjelang malam.

"Tapi duitnya lebih besar dari yang saya lakukan dari pagi sampai malam. Jadi memang kalau ada sesuatu kolam yang baru, harus pelajari itu," ujarnya.

Kini, platform media sosial milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkembang pesat. Di YouTube, Raffi dan Nagita aktif mengunggah video yang telah diikuti 23,7 juta pelanggan.

Konten yang diunggah bervariasi, mulai dari kehidupan mereka sehari-hari serta video yang diramaikan oleh YouTuber atau pesohor lainnya.

Kemudian di Instagram, akun Raffi dan Nagita diikuti oleh 2,5 juta pengikut.

Pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bahkan dinobatkan sebagai ‘The Sultans of Content’ oleh Forbes Indonesia. Keduanya terpilih sebagai salah satu kreator yang membangun kepopuleran dan penghasilan lewat berbagai platform digital.

“Kami memilih lima kreator konten,” kata Forbes melalui akun Instagram @Forbesindonesia, pada Februari (9/2). “Ini termasuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang bertransformasi dari entertainer menjadi enterpreneur.”

Raffi Ahmad juga berkembang menjadi pebisnis lewat RANS Entertainment. Perusahaan ini memiliki banyak bisnis di industri gaya hidup lainnya seperti RANS Music, RANS Sportainment, RANS e-sports, dan RANS Beauty.

Pada Maret 2021, Raffi mengakuisisi Cilegon United menjadi RANS Cilegon FC. Langkah tersebut diikuti oleh YouTuber dan pengusaha Atta Halilintar yang mengakuisisi PSG Pati menjadi AHHA PS Pati pada Juni.

RANS Entertainment juga masuk ke pasar metaverse melalui RansVerse.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait