Terus Bertambah Startup yang Incar Kerja Sama dengan UMKM Indonesia

UMKM Indonesia memiliki kesenjangan keahlian misalnya dalam membuat pencatatan keuangan.
Lenny Septiani
19 Agustus 2022, 12:39
startup, UMKM
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/tom.
Pameran UMKM Sidoarjo Expo 2022 di kawasan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022). Semakin banyak startup yang menyediakan jasa untuk UMKM.

Semakin banyak startup yang bergerak di bidang penyediaan teknologi untuk bisnis UMKM. Startup tersebut melihat besarnya peluang bisnis dengan 50 juta UMKM di Indonesia.

Salah satunya, Pintar Ventura Group (PVG) adalah startup builder yang berfokus pada fintech. “Orang di luar negeri tidak pernah berekspektasi bahwa Indonesia punya lebih dari 50 juta pebisnis,” kata CEO PVG Vlad Ayukaev dalam konferensi pers, Kamis (18/8).

Vlad menyebutkan jumlah wirausaha di Indonesia hampir dua kali lipat dari jumlah di Amerika Serikat (AS) memiliki sekitar 30 juta pebisnis. Namun, UMKM Indonesia memiliki kesenjangan keahlian misalnya dalam membuat pencatatan keuangan, sehingga sulit mendapat bantuan dari bank.

PVG yang didirikan pada 2020 oleh beberapa orang asing, di antaranya dari Rusia, menyasar memberikan pembinaan teknologi. “Sehingga proses mereka akan jadi lebih sederhana dan teknologi lebih terjangkau dan ramah digunakan,” katanya.

Advertisement

Vlad mengatakan startup yang didirikannya memiliki keyakinan kepada Indonesia dan teknologi. “Paling tidak memanfaatkan teknologi sederhana yang dapat memberikan manfaat lebih bagi mereka,” katanya.

Selain meniadi Startup Builder, PVG mengembangkan solusi fintech sendiri, brand yang paling dikenal adalah kasir mPOS Posy dan aplikasi pembayaran online Klikoo.

Klikoo merupakan aplikasi pembayaran tagihan dan pembelian produk digital yang dikembangkan oleh PVG di Indonesia. Aplikasi ini membantu masyarakat umum yang tidak memiliki rekening bank untuk melakukan transaksi digital berbasis uang tuna melalui agen partner Klikoo.

Klikoo juga membantu para pelaku usaha dapat menyediakan layanan tambahan kepada para pelanggan. Layanan tersebut berupa pembelian pulsa & paket data, tagihan listrik, tagihan air, pengemudi/transportasi maxim, uang elektronik, transfer uang dan produk digital lainnya.

Posy adalah merupakan kasir online yang diluncurkan pada akhir tahun 2021 dan sudah lebih dari lima ribu UMKM yang terdaftar. Fitur-fitur pada kasir online ini membantu mengelola pembayaran, akses untuk memantau penjualan bagi pemilik, akuntansi penjualan, dan analitik usaha.

Vlad menyebutkan iInovasi bisnis kasir online di Indonesia oleh PVG karena sederhana tidak perlu banyak izin dari pemerintah. “Bisa membuat catatan pembukuan dan menerima pembayaran secara online,” katanya.

 

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait