Transaksi di Thailand Bisa Gunakan QRIS DANA, Tak Perlu Tukar Uang

DANA memiliki infrastruktur untuk memudahkan proses onboarding mandiri para mitra di berbagai skala.
Lenny Septiani
31 Agustus 2022, 14:34
DANA, QRIS
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Dompet digital DANA di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). 

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan bank sentral Thailand (BoT) meluncurkan penerapan pembayaran berbasis quick response atau QR code lintas negara. DANA menjadi dompet digital pertama di Indonesia yang menerapkan QR antar negara.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia kepada DANA.

Vince mengatakan bahwa penerapan QR code lintas negara ini sejalan dengan visi DANA yang ingin meningkatkan inklusi dan literasi keuangan. “Sebagaimana prioritas strategis pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia,” kata Vince dikutip Rabu (31/8).

Dengan teknologi dan platform ekosistem terbuka, DANA siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara. DANA memiliki infrastruktur untuk memudahkan proses onboarding mandiri para mitra di berbagai skala. "Caranya melalui kemudahan integrasi yang DANA miliki," kata Vince.

Advertisement

Bank Indonesia memberikan kepercayaan kepada DANA sebagai satu-satunya penyedia jasa pembayaran nonbank dalam pembayaran kode QR lintas negara. DANA berperan dalam pembayaran lintas negara baik sebagai issuer maupun acquirer.

Pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand. Seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA.

Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA, tentu dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

Hingga saat ini DANA telah memiliki lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air,” kata Vince.

Selain bekerja sama dengan Bank sentral Thailand, Bank Indonesia akan terus menambah akses interkoneksi beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina.

 

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait