Dua Startup Telkom akan Naik Kelas Jadi Unicorn

Telkom menargetkan MDI Ventures mampu mengelola dana senilai US$ 900 juta.
Image title
6 September 2021, 19:50
Telkom, unicorn,
Telkom Indonesia

Dua anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan naik kelas menjadi unicorn atau bervaluasi minimal US$ 1 miliar dalam waktu dekat. Telkom berinvestasi kepada perusahaan rintisan atau startup melalui modal venturanya yaitu MDI Ventures.

"Memang kami harap akan ada dua investee lagi yang menjadi unicorn. Namun, saat ini kami belum bisa publish namanya," kata Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setiawan Wijaya dalam paparan publik, Senin (6/9).

Saat ini MDI berinvestasi pada beberapa startup seperti SiCepat, Alodokter, Tanihub, Amartha, NIUM dan Kredivo. Berdasarkan laporan CB Insights bertajuk ‘The Complete List of Unicorn Companies’ menunjukkan SiCepat berpeluang menjadi unicorn. SiCepat berpotensi memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar atau berstatus unicorn, setelah disuntik modal Tokopedia.

Tahun lalu, berdasarkan data Crunchbase, perusahaan rintisan kesehatan Indonesia Alodokter juga masuk dalam daftar calon unicorn Indonesia.



Telkom menargetkan MDI Ventures mampu mengelola dana senilai US$ 900 juta. Dana tersebut, tidak semuanya berasal dari pendanaan internal. Sekitar US$ 200 juta berasal dari investor lain untuk mengelola dana tersebut, baik investor dalam maupun luar negeri.

"Kami harapkan memang nantinya dana kelolaan ini akan tumbuh terus lebih besar dari dana sekarang," kata Budi.

Budi mengatakan yang terpenting adalah bagaimana startup yang dikelola MDI Ventures dapat memberikan manfaat Telkom secara keseluruhan. Untuk itu, salah satu nilai dilihat adalah sinergi yang hasilnya saat ini sudah melebihi ekspektasi.

"Kami harapkan bisa terus dikembangkan. Jadi selain valuasi naik, juga akan memberikan value lebih bagi Telkom Group," kata Budi.

MDI Venture mengelola aset (AUM) sekitar US$ 900 juta. Portofolio tersebut menunjukkan kinerja dalam valuasi investee, strategi exit, dan nilai sinergi. MDI Ventures berinvestasi pada lebih dari 50 startup di 12 negara, tiga di antaranya telah melakukan IPO dan enam perusahaan telah diakuisisi pihak ketiga.

 

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait