Agung Podomoro Buka Toko Online Barang Elektronik dari Glodok

Asep Wijaya
5 Oktober 2017, 10:46
Glodok
ANTARA FOTO/Faumada Hidayatullah
Aktivitas perdagangan di pertokoan Glodok, Jakarta, 19 Juli 2017

Bulan depan, tiga pusat perbelanjaan milik PT Agung Podomoro Land (Tbk), secara resmi akan merambah bisnis perdagangan digital (e-commerce). Langkah ini dipercaya sebagai upaya penyelamatan bisnis perdagangan konvensional milik mereka yang berpotensi tergerus oleh arus jual-beli barang di toko online.

Ada tiga pusat perbelanjaan yang akan menjadi basis pasokan barang di toko online milik Agung Podomoro, yakni Plaza Kenari Mas, Harco Glodok, dan Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok. Sebagai permulaan, toko digital itu akan diisi oleh 3.000 pedagang yang selama ini menyewa lapak di tiga pertokoan tersebut.

Agar lebih fokus, Agung Podomoro memilih segmen retail alat perkakas dan barang elektronik yang selama ini menjadi andalan tiga pusat belanja itu. Manajer Periklanan dan Promosi LTC Glodok, Hendry Trie Asmono, menyebut, platform e-commerce buatan Agung Podomoro hanya akan menjual barang eksklusif dari ketiga pusat perbelanjaan itu.

“Toko online ini akan menjadi toko terlengkap penyedia semua perlengkapan penunjang barang elektronik dan perkakas,” kata Hendry.

Peralihan cara berdagang ke model bisnis online ini harus ditempuh bila tidak ingin ditinggal oleh konsumen. Presiden Joko Widodo baru-baru ini bahkan menyebut adanya pergeseran belanja masyarakat dari medium konvensional ke medium digital.

Jokowi merujuk kepada data penerimaan jasa kurir dan pajak dari sewa gudang yang sama-sama meningkat. Keduanya menunjukkan pertumbuhan e-commerce yang kian meningkat. Penerimaan pajak jasa perusahaan di bidang sewa gudang tercatat mengalami peningkatan sebesar 14,7% dibandingkan tahun lalu. Adapun penerimaan pajak dari jasa kurir PT Pos Indonesia, JNE, dan Tiki meningkat sebesar 130% pada September.

Cara menjangkau pasar melalui model bisnis digital ini juga dilakukan Lippo Group dengan meluncurkan platform MatahariMall.com tahun 2015. John Riady, Direktur Lippo Group, saat itu menyebut aksi korporasi ini akan memperkuat ekosistem yang ada saat ini dengan menyatukan pembeli dan penjual agar bisa bertransaksi kapan pun dan di mana pun.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...