10 Kebutuhan Rutin Gen Z Hasil Survei Zigi-KIC, Pulsa Internet No.1
ZIGI – Kondisi keuangan anak muda di tengah pandemi terungkap dalam hasil survei “Perilaku Keuangan Gen Z dan Y” yang dirilis Zigi bersama Katadata Insight Center pada Kamis, 13 Januari 2022.
Dari survei yang dilakukan pada 6-12 September 2021 terhadap 5.204 responden, dapat diketahui proporsi kebutuhan rutin gen Z selama pandemi.
Anak muda yang berusia 15-22 tahun (generasi Z) memiliki kebutuhan pulsa internet yang lebih tinggi dari pada makanan. Berikut ini persentase kebutuhan rutin Gen Z dan Y berdasarkan hasil survei.
Baca juga: Gen Z Paling Hobi Belanja Fashion Secara Kredit Pakai PayLater
Pengeluaran Bulanan
Survei dilakukan dengan uraian 55% responden dari Generasi Y, Generasi Z (32,5%), Generasi X (12%) dan Baby Boomer (0,5%). Generasi Z dalam survei ini berusia 15 - 22 tahun dan berjumlah 1.692 responden, sedang Generasi Y berusia 23 - 38 tahun dengan jumlah 2.862.
Kebutuhan rutin bulanan yang paling banyak dipilih responden adalah belanja pulsa, internet. Sementara kebutuhan yang membutuhkan dana paling besar adalah untuk membayar tagihan rutin seperti cicilan rumah dan kendaraan.
Kebutuhan Rutin Bulanan Gen Y
Kebutuhan rutin bulanan yang banyak dipilih responden milenial (Gen Y) adalah belanja bahan makanan 77,2%, kedua belanja pulsa internet 75,9%, ketiga bahan bakar 61,7%.
Sementara kebutuhan yang memakan dana paling besar adalah untuk membayar tagihan rutin seperti cicilan rumah dan kendaraan (56,5%).
Tabungan dan dana darurat ada di urutan kelima sebanyak 42,5% responden. Setelahnya kebutuhan untuk investasi setiap bulan sebanyak 31,3% responden.
Sisanya adalah kebutuhan beli makanan di luar (25,1%), belanja fashion (14,3), liburan (9,5%), hobi & hiburan seperti nonton bioskop dan konser (9%).
Kebutuhan Rutin Bulanan Gen Z
Sementara generasi Z memiliki kebutuhan rutin bulanan terbesar untuk belanja pulsa internet (72,9%). Baru yang kedua adalah belanja bahan makanan (51,2%). Hal ini terbalik dengan kebutuhan bulanan generasi Y.
Pada urutan ketiga, generasi Z mengalokasikan dana untuk membayar kebutuhan bahan bakar (34,9%), keempat bayar tagihan rutin (32,3%).
Hal menarik lainnya, kebutuhan rutin Gen Z untuk beli makan dan minum di luar (31,4%) lebih besar daripada untuk tabungan dan dana darurat (30,8%).
Sebanyak 26,4% juga memiliki kebutuhan konsumtif belanja fashion dan aksesori lebih tinggi daripada investasi (15,9). Sisanya alokasi dana kebutuhan rutin Gen Z untuk hobi dan hiburan (13,4%) dan liburan (9,3%) selama pandemi.
Baca juga: Survei Zigi-KIC: Gen Z Lebih Pilih Punya e-Wallet Dibanding ATM Bank
Baca selengkapnya hasil Survei Perilaku Keuangan Gen Z dan Y yang dirilis Zigi.id bersama Katadata Insight Center di sini.