Jokowi Resmi Jadi Capres, IHSG Langsung Melejit

Image title
Oleh
14 Maret 2014, 00:00
3074.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Indeks harga saham gabungan (IHSG) langsung melejit setelah pengumuman Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Begitu juga dengan kurs rupiah yang langsung menguat tajam.

IHSG hari ini dibuka langsung melemah di level 4.693,82 dibanding penutupan di hari sebelumnya di 4.726,17 poin. Pergerakan saham sebelum penutupan sesi pertama terus berada di zona merah, yaitu di kisaran 4.690-4722 poin.

Advertisement

Begitu pengumuman Jokowi menjadi presiden pada pukul 15.00, indeks langsung melejit hingga ditutup pada level 4878,6 atau menguat 3,23 persen dibandingkan penutupan perdagangan sehari sebelumnya. (Baca: Jokowi Capres, Rupiah Diprediksi Stabil)

Begitu juga dengan pergerakan rupiah yang menguat tajam. Di pasar spot, rupiah menguat 23,8 poin atau 0,21 persen di level Rp 11.363 per dolar Amerika Serikat (AS). Penguatan tajam itu terekam terutama sesudah pengumuman Jokowi sebagai calon presiden.

PDI-P secara resmi mencalonkan Jokowi sebagai calon presiden periode 2014-2019. Pengumuman tertuang dalam perintah harian Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnoputri yang dibacakan Puan Maharani. Dalam perintah harian tersebut, Megawati meminta seluruh kader partai untuk mendukung Jokowi sebagai calon presiden 2014.

Jokowi sebelumnya saat berkunjung ke Rumah Pitung di Marunda, Jakarta Utara mengatakan siap untuk menjadi presiden. Dia mengaku sudah menerima mandat dari Megawati untuk menjadi capres dari partai berlambang banteng moncong putih itu. (Baca: Rupiah Menguat, Investor Inginkan Jokowi Capres)

Reporter: Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement