Tiga Bank BUMN Biayai Listrik Sumatera

Image title
Oleh
3 April 2014, 00:00
3275.jpg
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Tiga bank BUMN, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk sepakat terlibat dalam kredit sindikasi senilai Rp 7 triliun untuk membangun jaringan transmisi listrik di Sumatera. Ketiga bank dijanjikan tingkat pengembalian hingga 16 persen.

Dalam sindikasi tersebut, BRI bertindak sebagai arranger. Adapun total kredit yang disalurkan senilai Rp 7 triliun merupakan 70 persen dari total kebutuhan dana senilai Rp 10 triliun. ?Mereka siap, proyek ini bagus. IRR (Internal Rate of Return) sampai 16 persen, kata Menteri BUMN Dahlan Iskan seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Kamis (3/4).

Jaringan transmisi listrik tersebut akan dibangun sepanjang 1.000 km di sepanjang pantai timur Sumatera dari Palembang, Pekanbaru, Jambi, hingga Medan dengan kapasitas 500 kv. Pengerjaan proyek diharapkan selesai dalam dua tahun.

Proyek tersebut juga melibatkan enam BUMN karya yang akan terlibat dalam 12 paket pekerjaan. Paket 1 dan 2 akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk, paket 3 dan 10 digarap PT Pembangunan Perumahan Tbk, paket 4 oleh PT Hutama Karya, lalu paket 7, 8, dan 9 dikerjakan PT Waskita Karya Tbk, dan paket 6 dan 11 oleh PT Adhi Karya Tbk.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...