Gubernur BI: Neraca Perdagangan Mei Surplus

Image title
Oleh
13 Juni 2014, 15:04
Bank-Indonesia_Katadata_Donang.jpg
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Neraca perdagangan pada Mei 2014 diperkirakan kembali surplus setelah pada April tercatat defisit US$ 1,96 miliar. Kinerja positif seiring membaiknya  kinerja ekspor nonmigas, terutama komoditas mineral.

?Kalau Mei kelihatannya, kondisinya sampai terakhir bisa kembali surplus. Tapi secara umum di kuartal II-2014 kita lihat ekspor masih cenderung tertekan karena komoditas utama Indonesia seperti batu bara dan CPO masih rendah karena musiman,? kata Menurut Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia (BI), yang ditemui di Gedung BI, Jakarta, Jumat (13/6).

Menurut dia, salah satu cara untuk untuk memperbaiki neraca perdagangan adalah dengan melakukan diversifikasi pasar. ?Diversifikasi negara yang akan menerima hasil tujuan ekspor kita,? ujar Agus.

Ini adalah cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan saat ini. Persoalannya, program diversifikasi energi serta mengurangi beban subsidi belum dapat dilakukan saat ini. Impor bahan bakar minyak (BBM) merupakan penyebab terbesar neraca perdagangan menjadi defisit.

Agus juga berharap adanya perkembangan yang positif dari pembicaraan renegosiasi mineral. Sehingga penerimaan negara juga bisa meningkat. ?Harus ada supervisi yang ketat untuk renegosiasi ini,? imbuhnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...