Berani Lawan Mafia, Ini Calon Alternatif Menteri ESDM

Image title
Oleh
13 Agustus 2014, 14:28
kementrian esdm
KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Salah satu isu yang diangkat presiden terpilih Joko Widodo di sektor energi adalah memberantas mafia minyak dan gas (migas). Alhasil Jokowi, panggilan akrab Gubernur DKI Jakarta itu, membutuhkan sosok menteri profesional yang berani dan memiliki integritas dalam menghadapi mafia-mafia ini.

Berdasarkan masukan dari kalangan profesional di industri migas, Katadata memperoleh sejumlah nama yang dinilai layak untuk menempati kursi panas tersebut. Sosok-sosok tersebut dinilai memiliki profesionalitas dan keberanian untuk membenahi sektor migas, termasuk mengatasi para mafia.

Advertisement

Kuntoro Mangkusubroto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Nama Kuntoro diusulkan karena dia merupakan tokoh senior yang disegani di industri migas nasional.

Selain pernah menjabat sebagai menteri pertambangan dan energi pada era akhir pemerintahan Soeharto dan era BJ Habibie, dia juga pernah menjadi Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum periode 2009-2011.

Erry Riyana Hardjapamekas, merupakan mantan salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Direktur Utama PT Timah Tbk periode 1994-2002 tersebut juga dikenal sebagai sosok yang taat aturan dan target.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement