Jokowi Sudah Tak Berefek, Rupiah Terus Melemah

Image title
Oleh
16 September 2014, 14:47
No image
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pengaruh kemenangan Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi dalam pemilihan presiden (pilpres) terhadap pasar keuangan Indonesia sudah berakhir. Nilai tukar rupiah tercatat terus mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pada perdagangan hari ini, kurs rupiah diperdagangan pada rentang Rp 11.915-Rp 11.975 per dolar AS. Bahkan pada perdagangan kemarin, rupiah ditutup pada level Rp 11.945 per dolar AS, merupakan titik terendah sejak 27 Juni. Pada saat itu, kurs rupiah bertengger di level Rp 12.030 per dolar AS.

Berdasarkan data, dalam dua bulan terakhir titik terkuat rupiah terjadi pada 23 Juli, yakni saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan kemenangan Jokowi dalam pilpres. Saat itu, rupiah berada di posisi Rp 11.497 per dolar AS. Alhasil dibandingkan posisi ketika itu, kurs rupiah pada saat ini sudah turun sebesar 3,9 persen.

(Baca: Rupiah Sentuh Rp 11.497, Menyusul Kemenangan Jokowi)

Saktiandi Supaat, Head of FX Research Maybank, mengatakan saat ini investor akan fokus pada pilihan kabinet Jokowi serta kemampuannya untuk mengumpulkan suara mayoritas di parlemen.

Kemudian, yang juga dipantau adalah komitmen dia untuk mengatasi persoalan-persoalan ekonomi. ?Termasuk isu subsidi harga bahan bakar minyak (BBM),? kata Saktiandi dalam riset yang dipublikasikan, Selasa (16/9).

(Baca: Kembalinya ?Jokowi Effect?)

Lana Soelistianingsih, Kepala Ekonom Samuel Sekuritas, menuturkan dari sisi eksternal pelemahan rupiah disebabkan menguatnya dolar AS terhadap mata uang euro. Terutama akibat perlambatan ekonomi di kawasan Eropa tersebut. Ini berakibat pada pelemahan nilai tukar di Asia.

Kendati begitu, dia menilai, pengumuman struktur kabinet Jokowi belum berdampak pada pelemahan rupiah. Meskipun struktur kabinet yang diumumkan kemarin di luar ekspektasi, karena Jokowi pernah menyatakan bahwa 70 persen isi kabinet akan dihuni kalangan profesional.

Halaman:
Reporter: Rikawati, Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...