SKK Migas Usulkan Pertamina Bangun Kilang Mini

Image title
Oleh
2 Oktober 2014, 15:38
Kilang Minyak
KATADATA
SKK Migas

KATADATA ? Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sudah merencanakan pembangunan kilang mini dalam negeri. Kilang mini dinilai bisa menjadi alternatif pembangunan kilang skala besar yang membutuhkan biaya besar.

Pelaksana Tugas Kepala SKK Migas Johannes Widjonarko mengatakan saat ini SKK Migas sudah memetakan lokasi yang layak untuk dibangun kilang mini. Lokasi tersebut adalah daerah-daerah produksi minyak yang tidak bisa terhubung dengan pipa menuju terminal.

Advertisement

Beberapa tempat yang sudah disiapkan SKK Migas yang dianggap lokasi paling strategis pembangunan kilang mini ini, yaitu di Sumatera Bagian Tengah, Jambi dan Sumatera Utara. 

"Kami merencanakan dan memberi informasi bagi siapa pun yang mau bangun kilang mini. Sebaiknya ini yang bangun Pertamina," ujarnya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (2/9). (Baca: Lebih Baik Bangun Kilang Mini)

Johannes menilai, PT Pertamina (Persero) sudah memiliki kepastian off taker (pembeli) minyak hasil produksi kilang. Mengingat selama ini Pertamina mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM).

Dia berharap Pertamina yang mulai memberdayakan pembangunan kilang mini ini. Karena selain lebih efisien, kilang mini ini tidak memerlukan biaya yang tidak mahal dan teknologinya pun sudah tersedia.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement