Ada Laporan PPATK, Jokowi Akan Tunda Umumkan Kabinet

Image title
Oleh
20 Oktober 2014, 15:36
Katadata
KATADATA Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Presiden Joko Widodo kemungkinan akan menunda pengumuman susunan kabinetnya dalam satu atau dua hari mendatang. Salah satu alasan penundaan disebabkan ada masukan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terhadap sejumlah nama bakal calon menteri.

Menurut informasi yang dihimpun Katadata, berdasarkan analisis PPATK terdapat kejanggalan terhadap rekening sejumlah nama calon menteri yang disampaikan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo. ?Ada empat nama calon yang dipermasalahkan,? kata sumber tersebut.

Advertisement

(Baca: Megawati Restui Puan Masuk Kabinet Jokowi)

Alasan Jokowi meminta pandangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta PPATK, menurut sumber tersebut, untuk membendung sejumlah calon menteri yang diusulkan Megawati. Cara ini yang paling elegan untuk menolak sejumlah calon yang dianggap bermasalah.

Selain itu, penundaan tersebut juga untuk mengakomodasi masukan dari partai politik yang akan bergabung dengan koalisi Jokowi. Dua partai itu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). ?Kalau jadi bergabung, koalisi Jokowi akan menjadi mayoritas dengan 53 persen kursi,? kata sumber tersebut.

Deputi Tim Transisi Eko Sanjoyo mengatakan, pengumuman nama dan struktur kabinet oleh presiden akan dilakukan besok atau lusa mendatang. ?(Pengumumannya) kalau bukan tanggal 21 Oktober, tanggal 22 Oktober,? tuturnya kepada Katadata, Senin (20/10). (Baca: Sri Adiningsih Disebut Bakal Jadi Menteri Keuangan)

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement