Rekomendasi Tim Reformasi Bisa Kurangi Praktik Kartel

Safrezi Fitra
22 Desember 2014, 16:06
Menteri ESDM Sudirman Said
Arief Kamaludin|KATADATA
Sudirman Said mengapresiasi rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menilai rekomendasi yang diberikan Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi, bisa memperkecil ruang gerak mafia. Rekomendasi ini bisa mengurangi praktek kartel di industri migas.

"Pandangan dari tim reformasi mengalihkan dari RON 88 ke RON 92, akan mengurangi praktek bisnis kartel. Jadi kami mengapresiasi temuan itu," kata Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (22/12).

Dalam rekomendasi tersebut dikatakan bahwa harga BBM RON 88 dan solar (kandungan sulfur 0,35 persen) memang tidak ada di bursa minyak Singapura. Selama ini harga indeks patokan (HIP) dihitung berdasarkan harga untuk jenis BBM yang spesifikasinya paling mendekati, yakni Mogas 92.

Padahal Indonesia adalah pembeli tunggal bensin RON 88, dengan volume yang jauh lebih besar dibandingkan transaksi Mogas 92 di kawasan Asia Tenggara. Namun, Indonesia tidak memiliki kekuatan dalam pembentukan harga untuk Mogas 92.

Dengan mengunakan bensin RON 92, perhitungan harganya bisa lebih transparan dan mengikuti mekanisme pasar yang riil. Makanya, kata Sudirman, rekomendasi tersebut dapat mengurangi adanya ruang spekulasi bagi para pemburu rente.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...