Bank BUMN Siap Danai Pertamina Ambil Blok Mahakam

Aria W. Yudhistira
8 Januari 2015, 17:29
Katadata
KATADATA | Donang Wahyu
Bank BUMN menyatakan siap untuk membiayai Pertamina mengambil alih Blok Mahakam.

KATADATA ? Perbankan pelat merah siap mendanai investasi PT Pertamina (Persero)di Blok Mahakam. Nilai investasi pengelolaan blog gas yang akan diambilalih dari perusahaan asal Prancis tersebut diperkirakan mencapai Rp 25 triliun per tahun.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M. Suwondo menyatakan, perseroan siap untuk mendanai proyek di Blok Mahakam, tapi masih menunggu kepastian pengambilalihan blok tersebut oleh Pertamina.

Dia mengakui, selama ini BNI belum pernah membiayai proyek-proyek baru atau greenfield di sektor minyak dan gas (migas). ?Kalau untuk minyak greenfield, kami belum ada expert (pengalaman). Tapi kalau untuk pengambilalihan, kami confident (percaya diri),? kata Gatot kepada Katadata, Rabu (7/1).

Selain mengkaji kelayakan proyek tersebut, BNI juga akan melihat denominasi pinjaman yang akan dikeluarkan. Jika kebutuhan anggarannya besar, Gatot mengatakan, kemungkinan pembiayaannya akan dilakukan secara sindikasi dengan perbankan lain.

?Bisa saja kami biayai, sepanjang itu bankable,? ujarnya. (Baca: Ambil Blok Mahakam, Pertamina Jajaki Pendanaan dari Bank BUMN)

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Asmawi Syam menyatakan kesiapan untuk membiayai proyek tersebut, sepanjang memenuhi standar kelayakan untuk dibiayai oleh bank. Selain itu, harus ada pembicaraan terlebih dulu dengan bank-bank lain jika pinjaman ini bersifat sindikasi.

?Studi kelayakannya dihitung dulu,? tutur Asmawi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...