Kelola Blok Mahakam, Pertamina Butuh US$ 1 Miliar per Tahun

Aria W. Yudhistira
3 Februari 2015, 13:29
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto memperkirakan kebutuhan investasi di Blok Mahakam mencapai US$ 1 miliar per tahun.

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) memperkirakan butuh dana sekitar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 12,6 triliun per tahun untuk mengoperasikan lapangan minyak dan gas bumi (migas) Blok Mahakam. Angka investasi tersebut belum termasuk biaya penambahan eksplorasi untuk menaikkan kapasitas produksi.

?Dana investasi untuk Blok Mahakam ada dua hal. Pertama lanjutkan kebutuhan untuk pengoperasiannya, kemudian ada penambahan eksplorasi untuk menaikkan kapasitas,? kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/2).

(Baca: Pemda Diminta Tidak Libatkan Swasta Ambil Saham Blok Mahakam)

Dia mengatakan, untuk mendanai kegiatan operasional di Blok Mahakam, ada beberapa skema pembiayaan yang sedang dikaji Pertamina. Sejauh ini sudah ada dukungan dari lembaga pembiayaan di dalam maupun luar negeri untuk membiayai investasi Pertamina di blok migas yang saat ini masih dikelola Total E&P Indonesie.

?Kami bisa kerjasama dengan perbankan atau lender. Atau nanti kita lihatlah. Saya kira so far, perbankan baik nasional maupun internasional menyatakan dukungan,? ujar dia.

Mengenai proposal yang akan diajukan ke pemerintah, dia menargetkan akan selesai dan diserahkan paling lambat akhir Februari ini. Ini mengingat sampai saat ini tim Pertamina sedang menyelesaikan proposal tersebut.

Adapun terkait bagian saham daerah masih dalam tahap pembicaraan. Meski tidak ada kewajiban memberikan jatah saham ke pemerintah daerah tapi Pertamina kata dia tetap akan memperhatikan daerah.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...