Tingkatkan Lifting, Iklim Investasi Migas Perlu Diperbaiki

Safrezi Fitra
25 Maret 2015, 12:17
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah perlu mengambil langkah untuk memperbaiki iklim investasi dan meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya pada industri minyak dan gas bumi di Indonesia. Jika ini dilakukan, masalah lifting migas yang selama ini tidak pernah mencapai target, bisa teratasi.

Direktur Eksekutif Indonesia Petroleum Assosiaciation (IPA) Dipnala Tamzil mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pencapaian lifting. Salah satunya dengan menghilangkan semua hambatan yang menghalangi kegiatan eksplorasi dan produksi.

(Baca: 10 Wilayah Kerja Migas Tidak Laku Dilelang)

Selain memberi insentif selama kegiatan eksplorasi, pemerintah perlu melakukan reformasi regulasi. Perlu ada penyederhanaan birokrasi dan perampingan perizinan.

Permasalahan perizinan ini memang selalu dikeluhkan dunia usaha. Dari kajian Katadata untuk melakukan investasi usaha di hulu migas memerlukan 341 izin. Bahkan jika dicetak, jumlah lembar perizinan tersebut dapat mencapai 600.000 lembar. Itu pun harus diurus ke 17 instansi berbeda dari pusat hingga daerah.

(Baca: ESDM Janjikan Perizinan Migas Maksimal Tujuh Hari)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...