Ekonomi Diperkirakan Tumbuh 5,4 Persen

Aria W. Yudhistira
14 April 2015, 19:18
Katadata
KATADATA
Bank Indonesia menilai pertumbuhan ekonomi pada tahun ini berkisar 5,4 persen-5,8 persen, tergantung kemampuan pemerintah mengerjakan proyek-proyek infrastruktur.

KATADATA ? Kinerja pertumbuhan ekonomi pada tahun ini tergantung pada perkembangan situasi global dan kemampuan pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur.

Jika tidak dapat mengantisipasi, Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mengarah ke angka 5,4 persen. Kendati demikian, BI masih optimistis perekonomian masih dapat tumbuh hingga 5,8 persen.

?Kami nggak lihat realisasi (pembangunan infrastruktur) berapa persen. Saat ini, kami pantau dari proyek infrastruktur berapa yang sudah mulai, berapa yang sudah desain. Tergantung itu nanti. Tapi, kami sadar ada risiko pertumbuhan di 2015 ini bisa di batas bawah 5,4 persen-5,8 persen,? kata Direktur Eksekutif Departemen Komuniaksi BI Tirta Segara di kantornya, Jakarta, Selasa (14/4).

Meski begitu, BI masih melihat konsumsi domestik masih cukup kuat pada kuartal I. Terutama, didorong dari sektor swasta seiring inflasi yang terkendali. Sedangkan dari sisi pengeluaran pemerintah, yang menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi, pertumbuhannya diprediksi terbatas. Pengeluaran pemerintah ini baru akan meningkat pada kuartal II hingga akhir tahun.

Ekspor juga diperkirakan masih akan terkontraksi, meski sudah mengalami sedikit perbaikan khususnya untuk produk manufaktur. Namun, masih tertekan tren penurunan harga komoditas dan lemahnya permintaan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...