Bebaskan Lahan Tol Tanjung Lesung, Jababeka Gelontorkan Rp 250 Miliar

Aria W. Yudhistira
15 April 2015, 17:43
Tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Arief Kamaludin|KATADATA
Jababeka menyiapkan dana Rp 250 miliar untuk membebaskan lahan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang menjadi akses menuju KEK Pariwisata Tanjung Lesung,

KATADATA ? PT Jababeka Tbk menyiapkan dana Rp 250 miliar untuk membebaskan lahan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Ruas tol sepanjang 80 kilometer (km) yang menghubungkan Kota Serang dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung tersebut ditargetkan selesai dalam tiga tahun.

Direktur Utama Jababeka Setyono Djuandi Darmono mengatakan, alokasi dana yang disiapkan berdasarkan asumsi harga tanah di wilayah itu sebesar Rp 100 ribu per meter persegi.

Advertisement

?Kami ambil rata-rata harga tanah di sana pada Rp 100 ribu per meter persegi, maka pembebasan tanah paling Rp 250 miliar,? kata Darmono saat ditemui di Gedung Menara Batavia, Jakarta, Selasa (15/4).

Pihak Jababeka akan menawarkan perencanaan pembangunan jalur tol di lima ruas berbeda. Cara ini diharapkan dapat mencegah spekulasi harga tanah yang membuat ongkos pembebasan lahan melejit.

?Kami tentukan lima  jalur. Nantinya, pemerintah daerah yang akan menentukan jalur yang akan dipilih,? kata Darmono. (Baca: Jokowi Resmikan KEK Tanjung Lesung, Saham Jababeka pun Meroket)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement