Konsorsium China Railway Akan Garap Kereta Cepat

Image title
Oleh
27 April 2015, 12:18
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah Indonesia telah bersepakat dengan Cina untuk menggarap studi kelayakan kereta cepat (High Speed Railway) rute Jakarta?Bandung. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) proyek ini dengan delegasi Cina, di sela-sela Konferensi Asia Afrika beberapa waktu lalu.

Dalam dokumen MoU tersebut, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia menunjuk konsorsium BUMN yang dipimpin oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. untuk melakukan studi. Konsorsium ini juga beranggotakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT LEN (Persero), PT Industri Kereta Api (INKA), dan juga PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero).

Advertisement

Pemerintah Cina juga telah menunjuk konsorsium China Railway untuk bekerja bersama konsorsium Indonesia untuk menggarap proyek ini. Konsorsium Cina ini beranggotakan China Railway International  Co. Ltd., China Railway Group Limited, Sinohydro Cororation Limited,  The Third Railway Surrey and Design Institute Group Corporation, China Academy of Railway Sciences, CSR Corporation Ltd., dan China Railway Signal and Communication Corp.

Sebagai sumber pembiayaan, pemerintah Cina telah menunjuk China Development Bank (CDB) untuk memimpin struktur pendanaan proyek besar ini.

Selain itu, dalam MoU juga disebutkan kesediaan konsorsium Cina untuk membuat kereta api berkecepatan 350 kilometer per jam. Desainnya sesuai standar teknis dan menggunakan peralatan Cina, berdasarkan model kerjasama yang disepakati.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement