Penyaluran Dana Desa Tahap I Masih Belum Rampung

Image title
Oleh
18 Juni 2015, 14:43
Desa KATADATA|Agung Samosir
Desa KATADATA|Agung Samosir

KATADATA ? Penyaluran dana desa tahap pertama masih belum juga selesai hingga pertengahan bulan ini. Pemerintah baru menyalurkan 88,2 persen dana desa tahap pertama, hingga 12 Juni 2015. Padahal seharusnya penyaluran tersebut sudah selesai pada April lalu.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebut hingga 12 Juni 2015, pemerintah telah menyalurkan Rp 7,3 triliun dana desa kepada 385 kabupaten/kota. Pada pertengahan bulan lalu penyalurannya baru mencapai Rp 6,4 triliun.

Advertisement

Dalam satu bulan terakhir, pemerintah telah menyalurkan dana tersebut sebesar Rp 1 triliun. Dana ini disalurkan kepada 44 kabupaten/kota. Masih ada 49 kabupaten/kota lainnya yang belum mendapatkan dana desa tersebut.

Penyaluran tahap pertama sebesar Rp 8,28 triliun harus selesai dalam waktu dekat, mengungat jadwal penyaluran tahap kedua harus sudah selesai dalam dua bulan ke depan. Meski demikian, pemerintah tidak bisa memastikan apakah penyaluran dana desa ini bisa sesuai target, dan realisasi bisa terserap penuh.

"Bisa saja penyalurannya ditunda ataupun dipotong kalau penggunaan dana desa tahap sebelumnya bermasalah," kata Bambang, dalam keterangannya di situs Kementerian Keuangan (17/6).

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement