Jokowi Marah-Marah di Ruangan Ini

Aria W. Yudhistira
25 Juni 2015, 17:35
Katadata
KATADATA
Presiden Jokowi, pada hari Rabu, (17/07) menyinggung proses dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok adalah yang terlama di Asia, merujuk kepada proses di Pusat Penanganan Perizinan Impor Ekspor Terpadu (P3IET) yang belum efektif.

KATADATA ? Ruang Pusat Perizinan Impor Ekspor Terpadu (P3IET) Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (24/6) tampak sepi. Beberapa petugas hanya duduk-duduk di ruangan dengan luas sekitar 15x15 meter tersebut. Tidak ada pelaku ekspor impor yang mengurus perizinan di kantor yang disebut sebagai pusat pelayanan satu atap itu.

Padahal sepekan sebelumnya, di ruangan tersebut Presiden Joko Widodo marah besar karena mengetahui masa tunggu dan bongkar muat barang atau dwelling time masih panjang, yakni 5,5 hari, sekaligus menjadi salah satu yang terlama di ASEAN.

Advertisement

Satu per satu pejabat dia tanya tidak ada yang mampu menjelaskan kenapa masa tunggu itu lama. Begitupula para petugas di sana tidak bisa menyebut siapa yang bertanggung jawab atas kelambanan tersebut. Dia pun mengancam mencopot semua pejabat yang menyebabkan proses bongkar muat pelabuhan lambat seraya memberi target dwelling time menjadi 4,7 hari.

?Betul, Jokowi datang ke tempat ini dan marah-marah ke petugas,? ujar pegawai PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang enggan disebut namanya.

Namun, dia menyanggah jika ruangan itu sebagai pusat pelayanan satu atap. Menurutnya, sampai saat ini tidak ada kantor perizinan terpadu di pelabuhan. Yang ada, hanya tempat pembayaran bongkar muat dan hal teknis muatan barang dari kapal di samping ruangan P3IET. ?Tidak ada pelayanan izin di (gedung) sini,? ujarnya.

(Lihat Galeri Foto: Usai Dikunjungi Jokowi, Ruang Layanan di Priok Tetap Sepi)

Seperti tempat-tempat pelayanan lain, ruang P3IET juga memiliki format yang sama. Terdapat 10 TV layar datar yang tergantung di salah satu dinding sebagai alat monitor proses pelayanan di ruangan itu.

Ada pula deretan kursi tunggu yang menghadap delapan meja termasuk dengan perangkat komputer di atasnya. Kedelapan meja itu sekaligus merepresentasikan delapan kementerian dan lembaga yang ikut terlibat dalam kegiatan di kepelabuhan.

Dari papan nama yang terdapat di atasnya, diketahui meja-meja tersebut merupakan tempat pelayanan dari Kementerian Perdagangan, Balai Karantina Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, serta Badan Perikanan. (Lihat Ekonografik: Bongkar-Muat Lama, Salah Siapa?)

Menariknya, di ruangan itu tidak terdapat meja yang bertuliskan Bea Cukai, meskipun ada dua petugas berseragam warna biru kehitam-hitaman dengan lambang Direktorat Jenderal Bea Cukai serta memakai rompi bertuliskan ?Custom? sedang duduk santai di sofa.

?Kami memang diperintahkan stand by di sini, walaupun tidak memiliki meja,? kata salah satu petugas yang tidak mau dituliskan namanya. 

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement