Sri Mulyani Menkeu, Bambang Brodjo ke Bappenas

Yura Syahrul
2 Juli 2015, 13:52
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Jika bersedia masuk kabinet, Sri Mulyani Indrawati kabarnya akan lebih diplot menjadi Menteri Keuangan ketimbang Menteri Koordinator Perekonomian. Bambang Brodjonegoro selanjutnya akan dirotasi ke posisi Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago.

Dibandingkan bidang-bidang lain, pos kabinet ekonomi tampaknya yang bakal mengalami perombakan paling signifikan. Perombakan itu dipicu oleh hasil evaluasi kinerja para menteri dan memburuknya sejumlah indikator makroekonomi dan moneter Indonesia hingga medio tahun ini.

Menurut sumber Katadata, pos Menteri Koordinator Perekonomian dan Menteri Keuangan hampir pasti bakal dirombak. Sri Mulyani Indrawati, Managing Director Bank Dunia, berpeluang besar menduduki kembali kursi Menteri Keuangan, selain juga dipertimbangkan untuk menjabat Menko Perekonomian. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

Ekonom dari Universitas Gadjah Mada, Tony Prasetiantono, menilai peluang Sri untuk masuk kabinet memang cukup besar. ?Saat saya sebut SMI (Sri Mulyani Indrawati), presiden hanya tersenyum. Tapi saya berani simpulkan, presiden memang menginginkan SMI,? kata Tony mengisahkan kembali pertemuan sejumlah ekonom dengan Presiden di Istana Negara, Senin (29/6) lalu.

Meski terdepak dari kursi Menteri Keuangan, Bambang P.S. Brodjonegoro dinilai masih dibutuhkan di tim ekonomi Kabinet Kerja. Karena itu, ia diplot menjadi Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago. Namun, ia enggan menanggapi isu ini. ?Saya tidak ada komentar,? katanya, Rabu (1/7) lalu, ketika dimintai konfirmasi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...