Pertamina Cari Utang untuk Investasi di Blok Mahakam

Aria W. Yudhistira
3 Juli 2015, 15:24
Katadata
KATADATA
Pertamina mencari dana untuk membiayai investasi Blok Mahakam dari pinjaman luar negeri.

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) akan mencari pinjaman luar negeri untuk membiayai pengelolaan Blok Mahakam. Perseroan tidak dapat mengandalkan kas internal untuk mendanai investasi yang diperkirakan mencapai US$ 2,5 miliar atau Rp 32,5 triliun per tahun itu.

?Itu (Blok Mahakam) kan sesuatu yang risikonya relatif kecil dan sudah pasti ada marginnya.  Pertamina kan selama ini juga ada corporate loan dan global loan. Kalau (dana) internal dari mana.? Kata Komisaris Pertamina Widhyawan Prawiraatmadja di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (3/7).

Kendati demikian, Widhyawan belum mau menjelaskan jumlah pinjaman yang akan dibutuhkan perseroan. Ini masih akan dibahas lebih lanjut oleh Direksi Pertamina. ?Kan mengeluarkan uangnya pada 2018, mungkin 2017 baru perencanaan. Sumbernya ya selama ini kan global bond. Tapi nggak tahu boleh apa tidak,? ujar dia.

Dana investasi yang dibutuhkan Pertamina sebesar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 32,5 triliun per tahun untuk mengelola Blok Mahakam.  Pada tahun ini, Pertamina sudah menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk kegiatan hulu sebesar US$ 4 miliar.

Widhayawan menganggap angka US$ 2,5 miliar tersebut masih bisa berkurang. Pasalnya angka tersebut dihitung ketika harga minyak berada di level US$ 100 per barel. Sementara harga minyak saat ini sekitar US$ 60 per barel. ?Itu kan dengan pertimbangan  waktu harga masih naik. Saat ini drilling cost kan turun,? ujar dia.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan, perseroan masih menunggu kejelasan proporsi saham dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebelum menentukan dana investasi yang akan dikeluarkan. ?Ini masih finalisasi, sesuai proporsi kami saja (besaran investasinya),? kata dia kepada Katadata, Kamis (2/6).

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...