Presiden Perintahkan Pertamina Bangun Kilang

Safrezi Fitra
7 Juli 2015, 18:03
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Presiden Joko Widodo akan memerintahkan langsung PT Pertamina (Persero) untuk segera membangun kilang di dalam negeri. Saat ini Peraturan Presiden mengenai kilang ini sedang disiapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM Susyanto mengatakan pembangunan kilang sangat penting untuk mendukung ketahanan energi nasional. Makanya pemerintah ingin pembangunan kilang bisa segera dilakukan.

Advertisement

"Perpres ini akan mengatur pembangunan kilang. Bagaimana penugasan ke Pertamina, bagaimana prosedur jika Pertamina harus menggandeng pihak ketiga, supaya batasan jelas," kata Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Susyanto kepada Katadata, beberapa waktu lalu.

Legalitas penugasan kepada Pertamina ini sangat diperlukan agar pembangunan kilang bisa segera dilakukan. Jika tidak ada penugasan, maka Pertamina akan merasa tidak ada kewajiban untuk membangun kilang. Selama ini, sejak 1970, tidak ada satu pun kilang baru yang dibangun oleh Pertamina.

Jika pembangunan kilang ini diserahkan kepada swasta pun akan menyulitkan bagi pemerintah. Dalam hitungan bisnis, bisa saja pembangunan kilang dianggap tidak ekonomis. Pelaku usaha swasta akan meminta banyak kemudahan dan insentif untuk mau membangun kilang.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement