Komitmen Investasi Infrastruktur Dasar Naik 10 Kali Lipat

Safrezi Fitra
24 Juli 2015, 10:06
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut kenaikan komitmen investasi di bidang kelistrikan, gas, dan air minum hingga sepuluh kali lipat pada semester I 2015 ini. Hingga akhir Juni,  BKPM mencatat komitmen investasi dari tiga infrastruktur dasar ini mencapai Rp 309 triliun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 30,7 triliun.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan peningkatan komitmen investasi ini membuktikan bahwa investor sangat tertarik menggarap proyek infrastruktur. Terutama infrastruktur dasar untuk kebutuhan masyarakat.

Advertisement

"Komitmen di sektor ini yang kami bandingkan paling besar selisihnya mencapai 10 kali lipat," kata Franky di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/7).

Secara total, kata dia, komitmen investasi yang telah didapatkan pada semester I ini naik 39,6 persen atau mencapai Rp 721,9 triliun dari Rp 517,1 triliun pada semester I 2014 lalu. Peningkatan komitmen ini terjadi paling besar pada penanaman modal asing (PMA) sebesar 49,8 persen. Sedangkan untuk penanaman modal dalam negeri hanya naik 17 persen.

Cina merupakan negara yang paling banyak mendapatkan izin prinsip investasi pada semester I ini dengan total nilai sebesar Rp 133,7 triliun. Kemudian British Virgin Island sebesar Rp 60,2 triliun, Malaysia Rp 44,6 triliun, Singapura Rp 39 triliun, dan Jepang Rp 29 triliun.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement