Pertamina Akan Tambah Kepemilikan di TPPI

Safrezi Fitra
14 September 2015, 16:38
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) berencana menambah kepemilikan sahamnya di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Salah satu langkah yang akan diambil untuk penambahan saham ini dengan membeli seluruh saham yang dimiliki Argo Capital BV.

 Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan pembelian 21,98 persen saham TPPI milik Argo Capital ini masih dalam proses. Makanya dia belum bisa menyebutkan berapa besar dana yang harus dikeluarkan Pertamina untuk akuisisi ini.

"Masih proses untuk item legal dan finansial belum selesai," kata dia ketika dihubungi Katadata, Senin (14/9).

Saat ini Pertamina merupakan pemegang saham mayoritas di TPPI, yakni 26,61 persen. Jika transaksi pembelian saham TPPI dari Argo selesai dilakukan, maka kepemilikan Pertamina menjadi 48,59 persen. Selebihnya, dimiliki oleh PT Tuban Petrochemical Industries sebesar 19,16 persen, Vitol BV 8,81 persen, Polytama Propindo 6,77 persen, Tuban Petroxhemicals Pte 5,15 persen, Nippon Catalyst Pte 4,51 persen, UOP 4,02 persen, Sijitz Corp 1,07 persen dan investor lain sekitar satu persen.

Proses akuisisi saham TPPI dari Argo Capital ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Pertamina telah menyepakati penawaran saham saham Argo pada 3 Mei 2013, senilai US$ 108 juta. Sesuai dengan ketentuan, Pertamina harus melakukan pelunasan dalam waktu 30 hari. Namun, Pertamina tidak bisa merealisasikan ketentuan tersebut. Transaksi pun batal saat itu.

Karena keterlambatan dalam menyelesaikan penawaran atas sahamnya, Argo kembali mendekati manajemen Pertamina yang baru, pada akhir tahun lalu. Argo mengajukan permohonan agar harga sahamnya ditingkatkan menjadi US$ 118 juta. Kenaikan harga ini untuk mengompensasi kerugian tambahan akibat tidak aktifnya Pertamina sejak Mei 2013.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...