Ambil Alih Blok Migas di Aceh, Pertamina Siap Tampung Pekerja Exxon

Yura Syahrul
21 September 2015, 17:12
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) tengah mematangkan proses peralihan pengelolaan dan kepemilikan dua blok minyak dan gas bumi (migas) di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam dari tangan ExxonMobil Oil Indonesia. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan dalam proses peralihan itu adalah kelangsungan nasib para pekerja perusahaan migas multinasional tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, pihaknya mulai menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola Blok North Sumatra Offshore (NSO) dan Blok B. Pasalnya, Pertamina akan menjadi pengelola dan pemilik dua blok migas tersebut mulai tanggal 1 Oktober mendatang.

Menurut Wianda, Pertamina sudah menawarkan kepada pekerja Exxon untuk bergabung ke Pertamina. "Sedang dibahas. Kami akan tawarkan (bergabung),? katanya kepada Katadata, beberapa hari lalu. Namun, kepastian bergabungnya mereka tergantung pilihan dari masing-masing pekerja tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Manjemen Exxon sebenarnya menawarkan dua opsi kepada para karyawannya: tetap bergabung dengan Exxon atau pindah ke Pertamina. Bahkan sudah ada yang memilih pindah dari Exxon.

Ketika dikonfirmasi, Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto mengatakan pihaknya tidak mengetahui persis berapa banyak karyawan yang memilih tetap bergabung dengan Exxon, atau yang pindah ke perusahaan lain. Dia hanya mengungkapkan ada sekitar 260 orang karyawan Exxon yang terkena dampak peralihan pengelolan blok migas tersebut.

"Kalau detailnya saya kurang tahu. Tapi jumlah karyawan yang terdampak langsung sekitar 260-an orang," imbuhnya.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...