Pemerintah Minta Inpex Talangi Saham BUMD di Blok Masela

Safrezi Fitra
5 Oktober 2015, 16:31
esdm.jpg
KATADATA/
(Katadata | Arief Kamaludin)

KATADATA - Pemerintah menyarankan agar Inpex Corporation dapat membantu pendanaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Blok Masela. Ini terkait pemberian saham partisipasi sebesar 10 persen ke Pemerintah Provinsi Maluku.

"Kami sih menyarankan begitu. Tapi rencana pengembangan lapangan atau plan of development (POD) I masih dibahas," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I.G.N. Wiratmaja Puja, di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (5/10).

Advertisement

Pemerintah telah berkomitmen untuk memberikan saham partisipasi (participating interest/PI) Blok Masela sebesar 10 persen, kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Komitmen pemerintah ini sudah dinyatakan dalam surat yang dikirimkan kepada pemprov Maluku pemberian jatah saham di blok migas tersebut.

Saat ini saham Blok Masela 65 persen dimiliki oleh Inpex Corporation dan sisanya oleh Shell. Dengan adanya pemberian saham ke pemerintah daerah, maka saham Inpex dan Shell akan dikurangi secara proporsional. Saham Inpex akan berkurang 6,5 persen dan Shell berkurang 3,5 persen, untuk menggenapi jatah saham pemda sebesar 10 persen.

Menurut Wiratmaja, pemberian saham untuk pemda ini akan dibahas lebih lanjut, setelah persetujuan rencana pemberian rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) I Blok Masela selesai diputuskan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement